Arsip untuk 26/01/2013

Tentang IPB

Posted: 26/01/2013 in Tagline Pertanian - IPB
IPB atau Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. IPB pada tanggal 1 September 1963 berdasarkan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) yang kemudian disyahkan oleh Presiden RI Pertama. IPB memiliki 5 Kampus, yaitu Kampus IPB Baranang Siang, Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Gunung Gede, Kampus IPB Cilibende, dan Kampus IPB Taman Kencana. Program Studi di IPB dikelola 9 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana dan Program Diploma. 9 Fakultas tersebut antara lain Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi Manajemen, dan Fakultas Ekologi Manusia serta Fakultas Pascasarjana dan Program Diploma.

Lambang IPB mencerminkan pertumbuhan IPB sebagai suatu lembaga pendidikan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi serta akan selalu maju, tumbuh terus dan mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan Pancasila.Lambang IPB terdiri atas tulisan Institut Pertanian Bogor, pohon berdaun lima helai, dan buku terbuka dibawahnya yang kesemuanya berwarna putih dengan dasar berwarna biru; warna dasar biru melambangkan IPB termasuk kelompok ilmu pengetahuan; gambar buku terbuka melambangkan IPB sebagai sumber ilmu pengetahuan; bentuk bundar melambangkan bahwa ilmu itu tidak ada batasnya, selalu berkembang, bertambah; cabang tiga helai yang muncul dari buku melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi; dan kelima ujung helai daun melambangkan lima fakultas pertama pada waktu IPB berdiri dan Tridarma Perguruan Tinggi dilaksanakan berdasarkan Pancasila.

Percaya tidak kalau kita hepi juga berkat petani ? Bagaimana tidak ? Coba bayangkan, kalau tidak ada petani. Siapa yang akan menanam padi di sawah, membudidayakan sayur-sayuran, serta mengembangbiakkan  buah-buahan ? Tidak mungkinkan kita bisa hepi tanpa ada padi, buah-buahan, dan sayur-sayuran yang biasa kita makan. Tidak hanya itu jasa petani yang membuat kita hepi. Petani tidak hanya menghasilkan bahan pangan dan mengelolahnya saja. Tetapi juga mulai mengembangkan berbagai inovasi.

Bahkan seluruh negara di dunia berusaha bersaing untuk menciptakan produk baru yang dapat mempermudah petani. Mulai dari inovasi dalam mempermudah pembudidayaan, pengolahan bahan pangan hingga menciptakan berbagai produk unggulan. Gimana kita nggak hepi coba? Kalau petani tidak hanya mampu menyediakan bahan pangan tapi juga membuat makanan yang kita makan lebih enak, bergizi tinggi, dan murah lagi.

Contohnya saja di negara kita tercinta Indonesia. Selain menyandang sebutan sebagai negara agraris ( sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani), Indonesia juga memiliki sebuah institut pertanian di Bogor atau yang lebih dikenal dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Institut Pertanian terbesar di Indonesia ini berhasil memamerkan kerang lebih 131 produk unggulan yang diperkenalkan secara umum pada awal april 2012. Selain itu IPB juga berhasil meraih banyak prestasi pada bulan Juni 2012. Bagaimana percaya nggak kalau ” Bersama Petani Kita Hepi” ?