Arsip untuk 28/03/2013

Banyak teman-teman pembaca yang berkeluh kesah melalui form contact me. Inti dari keluh kesah mereka adalah mereka sulit untuk berbicara bahasa Inggris. Mereka paham dan mengerti jika mereka mendengarkan orang yang sedang berbicara bahasa Inggris. Mereka paham jika ada yang bertanya kepada mereka dengan menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi mereka mengalami kesulitan yang amat sangat ketika mereka ingin menjawab pertanyaan tersebut. Ada juga yang mampu menulis  kalimat dengan menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi sangat sulit ketika ingin berbicara bahasa Inggris.
Saya hanya mempunyai beberapa saran untuk teman-teman semua yang mempunyai masalah-masalah diatas. Berikut ini saran-saran dari saya:

1. Be confident
Saya sengaja memasukan saran ini pada urutan pertama, karena kebanyakan orang yang mengalami kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka tidak percaya diri. Mungkin mereka takut salah, malu atau yang lainnya. Hilangkan rasa itu. Timbulkan rasa percaya diri anda. Jangan takut salah. Jangan berpikir bahwa orang akan menghakimi anda karena  kesalahan anda.
2. Grammar
Ada beberapa orang yang berpendapat grammar itu tidak penting, akan tetapi menurut saya hal ini sangant penting. Karena jika kita mempunyai kemampuan English grammar yang baik, maka kita mempunyai modal untuk merangkai kalimat dengan benar dan mudah. Tidak akan ada kebingungan dalam pikiran anda. Belilah buku English Grammar di toko buku atau online. Anda bisa juga belajar melalui internet karena begitu banyak penjelasan tentang English Grammar di dunia maya ini. Ketika anda mengetahui satu topic dalam English Grammar, maka jangan lupa untuk berlatih baik itu dengan mengerjakan soal-soal latihan atau memberanikan diri dan percaya diri untuk menuangkannya dalam percakapan sederhana dan juga bisa dalam tulisan.
3. Mamfaatkan internet untuk berlatih English Conversation. Jika anda bisa mengakses internet dirumah, maka ini nilai plus untuk anda. Mamfaatkan fasilitas itu. Banyak tempat chatting yang bisa anda mamfaatkan, misalnya Skype, Yahoo messenger, DLL. Gunakan sarana ini untuk latihan. Anda beruntung  jika bisa mendapatkan teman yang baik di dunia maya yang bersedia menjadi teman anda latihan berbicara bahasa Inggris. Anda bisa berteman dengan saya melalui YM. Kirimkan alamat YM anda atau Skype anda melaui form contact me dan insyaallah akan saya add.
4. Untuk mempunyai kemampuan berbicara bahasa Inggris itu tidaklah instant. Waktu 1 bulan atau 2 bulan tidaklah cukup untuk memperoleh bahasa Inggris yang baik. Jangan berputus asa untuk belajar. Gunakan sarana yang ada sebaik mungkin.
5. Sering-seringlah membaca bacaan bahasa Inggris, mendengar hal-hal yang berbau bahasa Inggris. Karena ini akan membantu anda baik itu listening dan kosa kata bahasa Inggris anda.
6. Anda sulit menemukan lawan untuk latihan berbicara bahasa Inggris? Anda sulit untuk mendapatkan koneksi internet? Anda sulit mendapatkan English native speakers yang bisa anda jadikan teman untuk latihan berbicara bahasa Inggris? Solusinya adalah “berbicaralah sendiri”. Berbicara sendiri sangatlah mudah. Saya yakin dalam sehari anda pasti mempunyai waktu sendiri. Misalnya dikamar mandi, di kamar tidur, DLL. Gunakan waktu ini untuk latihan berbicara. Tidak perlu berbicara dengan keras, pelan-pelan juga tidak mengapa. Walau hanya sedikit kalimat yang anda ucapkan pada saat anda sendiri, saya yakin itu sangat bermamfaat untuk anda. Minimal kosa kata yang anda punyai akan menjadi aktif dan tidak pasif. Jika kita mengetahui kosa kata bahasa Inggris dan kita tidak bisa menggunakannya dalam berbicara maka bisa dikatakan kosa kata yang anda miliki pasif. Janga malu untuk  berbicara bahasa Inggris walau anda berbicara sendiri.
Hanya inilah saran-saran yang bisa saya berikan untuk teman-teman. Yang jelas jika anda ingin mepunyai kemampuan bahasa Inggris, maka berbicaralah…berbicaralah dengan menggunakan bahasa Inggris. Tahap demi tahap…sedikit demi sedikit…saya yakin akan ada hasilnya. Anda tidak akan mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik jika anda tidak mau latihan berbicara bahasa Inggris. Camkan hal ini!!! Terima kasih.

TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama ETS (Educational Testing Service).
Pada awalnya, TOEFL diperlukan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat.
Ini diperlukan untuk memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara lain untuk :

·         Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
·         Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
·         Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).

Untuk dapat diterima di negara-negara barat, calon mahasiswa haruslah memiliki TOEFL score minimal 500 (Eropa), bahkan untuk di Amerika Serikat, TOEFL score yang disyaratkan adalah 550. (Nilai maksimal TOEFL Paper Based Test adalah 677).
Seiring perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam negeri, apalagi jika berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk :

·         Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta.
·         Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3.
·         Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta.

TOEFL sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS. Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :

1.      TOEFL Paper Based Test
Terdiri atas 3 section : Listening, Structure, and Reading
Maximum Score : 677
2.      TOEFL Computer Based Test
Terdiri dari 4 Section : Listening, Structure, Reading, Writing
Maximum Score : 300
3.      TOEFL Internet Based Test
Terdiri dari 4 section : Listening, Reading, Writing, Speaking.
Maximum score : 120.

Meskipun resminya, sejak TOEFL Internet Based Test diperkenalkan di seluruh dunia, maka jenis sebelumnya tidak berlaku lagi, tetapi kenyataannya sampai saat ini, TOEFL Paper Based Test masih digunakan secara luas di berbagai lembaga pendidikan tinggi maupun untuk rekrutmen karyawan di Indonesia, atau di negara-negara yang bukan berbahasa Inggris. 

Sekarang banyak sekali beredar buku-buku yang bisa kita beli dan baca sebelum kita mengikuti test TOEFL. Bahkan saat ini banyak website-website untuk latihan TOEFL gratis. Pada website-website tesebut, kita bisa berlatih dengan menjawab soal-soal TOEFL yang tersedia, mulai dari structure, reading hingga listening.
Berikut ini saya berikan alamat-alamat website yang bisa anda gunakan jika anda ingin belajar TOEFL secara online dan gratis:

 Semoga bermamfaat. Selamat Belajar.

Ketika kita sedang terlibat dalam sebuah English Conversation, terkadang kita kehabisan ide, tidak mengetahui ingin ngomong apa lagi, atau tidak mengerti atas apa yang lawan bicara kita sampaikan. Agar conversation yang kita lakukan tetap berlangsung dengan baik dan nyaman, tentu kita tidak boleh diam saja ketika kita mengalami hal-hal tersebut. Bila kita hanya diam saja/silence, bisa-bisa lawan bicara kita jadi malas untuk melanjutkan percakapannya. Jika sudah begini kita juga yang rugi.
Berikut ini beberapa cara untuk menghindari diam/silence dalam English conversation:

Ketika kita tidak mengerti yang lawan bicara kita katakan,  kita bisa menggunakan kata-kata di bawah ini:
“Sorry, I don’t understand.”
“Sorry, could you repeat that?”
“Sorry? I didn’t get that.”
Dalam sebuat English conversation, kita tidak harus menyerah dengan diam saja ketika kita bingung ingin berbicara apa lagi. Jangan hanya diam, tetapi berpikirlah dan usahakan mencari ide baru. Pada saat anda berpikir tentang apa yang anda katakana, anda bisa menggunakan ekspresi di bawah ini:
“Well…”
“OK…”
“So…”
“Hmmm…”
“Uh-huh”
“Umm…”
Ketika lawan bicara kita mengatakan sesuatu dan kita setuju dengan apa yang dia katakan, akan tetapi kita tidak mengetahui kalimat-kalimat apa yang akan kita katakan  untuk menunjukan bahwa kita setuju, kita bisa menggunakan kata-kata singkat di bawah ini:
“Yeah.”
“Right.”
Terkadang kita merasa bosan dengan topic pembicaraan yang telah kita lakukan, dan kita ingin merubahnya dengan membicarakan topic yang lain. Anda bisa memulainya dengan kata-kata ini:
“Anyway,…”
“Well, as I was saying…”
“So, back to …”
“So, we were saying …”

Apakah skill terpenting dalam bahasa Inggris? Skill apa yang perlu kita perhatikan dan selalu kita usahakan untuk memperoleh bahasa Inggris yang baik?
Jawaban dari pertanyaan ini adalah FLUENCY atau kefasihan/kelancaran dalam berbicara.

Fluency adalah kefasihan kita dalam berbicara dan memahami bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Fluency tidak bisa didapat hanya dengan membaca English book, memahami English grammar, akan tetapi hal terpenting untuk meningkatkan fluency kita adalah listening.
Untuk memperoleh English Fluency kita harus sering mendengarkan bahasa Inggris secara terus menerus atau berulang-ulang. Untuk menjadi a good English speaker kita harus menggunakan kuping kita (our ears) dan bukan mata kita. Dengan kata lain kita harus mendengar.
Lalu listening yang bagaimanakah yang bisa dibilang baik. Listening yang baik adalah listening yang dilakukan berulang-ulang atau sering dan dapat dipahami (understandable and repetitive).
Jadi ada dua aspek penting dalam listening yang perlu anda perhatikan untuk memperoleh English fluency, yaitu sering/berulang-ulang dan dapat dipahami. Percuma jika anda sering melakukannya akan tetapi anda tidak dapat memahami apa yang anda dengar. Kebanyakan English learner memilih materi listening yang sulit dan membuat mereka sulit memahami apa yang mereka dengar. Efek negative dari hal ini adalah membuat proses belajar mereka menjadi lambat.
Carilah materi listening yang sederhana dahulu dan mudah anda pahami dan ini merupakan proses anda belajar. Setelah anda dapat memahami apa yang anda dengarkan, hal ini tidaklah cukup, anda perlu mengulang mendengarkan materi listening anda sesering mungkin. Jika anda mendengarkan sebuah kata baru dalam bahasa  Inggris hanya 1 kali, maka frekuensi lupa akan sangat tinggi. Jadi untuk mengingat sebuah kata baru dalam bahasa Inggris anda harus sering-sering mengulang mendengarkannya  sesering mungkin misalnya hingga 30. Misalnya hari ini 2 kali, besok anda dengarkan lagi dan seterusnya.
Apabila anda sering mengulang listening anda maka anda  akan memperoleh kemampuan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar seperti yang sering anda dengarkan. Jadi poin terpentingnya adalah cari materi listening yang mudah dan dengarkan sesering mungkin. 
Dengan listening yang baik dan memiliki kemauan yang kuat untuk selalu latihan berbicara bahasa Inggris, saya yakin anda akan bisa memperoleh English fluency yang baik. Hal ini sesuai pengalaman saya yang saya peroleh selama saya mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak umur 4 hingga 5 tahun. Para murid saya bertemu  saya dan belajar mulai dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Pada saat belajar, saya menggunakan 100% bahasa Inggris dan tidak menggunakan bahasa Indonesia sedikitpun dan tentu dibantu dengan media mengajar baik berupa gambar, multimedia yang berupa video dan audio yang ada. Karena mereka sering mendengar, maka  mereka bisa memahami apa yang saya katakan dan tentu mereka bisa mengucapkan kata-kata yang sering mereka dengar setiap hari dari mulut saya.  Mereka belum bisa menulis dan membaca dengan baik. Mereka tidak belajar English grammar seperti layaknya orang dewasa. Akan tetapi karena mereka sering mendengarkan bahasa Inggris dari mulut saya, video dan multimedia lainnya, mereka bisa berbicara bahasa Inggris dan dapat memahami apa yang saya katakan. Jika mereka ingin berbicara bahasa Inggris dan ada kata yang tidak mereka ketahui, maka mencampur bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia dalam sebuah kalimat yang mereka ucapkan. Semoga artikel ini bermamfaat untuk kita semua. Amin.

Speaking merupakan salah satu hal terpenting  dalam bahasa Inggris. Ini merupakan hal yang lumayan sulit dilakukan oleh orang yang sedang belajar bahasa Inggris jika dibandingkan dengan writing, listening ataupun reading. Karena bila kita ingin berbicara bahasa Inggris kita memerlukan pengetahuan ekstra. Misalnya pengetahuan kosa kata bahasa Inggris, English Grammar, pronunciation, dan lain sebagainya.  Banyak orang yang minder, tidak percaya diri atau merasa malu ketika ingin berbicara bahasa Inggris.

Rasa malu dan tidak percaya diri ini timbul karena kemampuan bahasa Inggris yang belum memadai dan ini merupakan hal yang lumrah, karena semua orang bisa merasakan hal ini. Berikut ini saran-saran dari saya jika anda merasa malu atau kurang percaya diri ketika anda ingin berbicara bahasa Inggris:
1. Tanamkan pada diri anda bahwa ini merupaka suatu proses belajar
Bahasa Inggris adalah sebuah ilmu bahasa  yang tidak bisa dikuasai secara instant atau  secara cepat. Kita memerlukan proses belajar yang tidak sebentar. Dalam suatu proses belajar, sangat wajar jika kita melakukan kesalahan. Anda janganlah merasa rendah diri ataupun malu jika anda melakukan kesalahan ketika anda berbicara bahasa Inggris. Anda jangan minder ketika anda salah dalam menyusun sebuah kalimat. Orang atau teman anda yang bisa berbicara bahasa Inggris dengan baikpun, sebelumnya seperti anda. Meraka sering melakukan kesalahan ketika berbicara. Jadi tanamkan dalam hati dan pikiran anda bahwa ini merupakan proses belajar, hilangkan rasa  tidak percaya diri, minder atau malu dalam latihan speaking. Jika kita berbicara tentang rasa malu, sebenarnya malu itu adan 2 macam, yaitu malu yang salah dan malu yang benar.
Malu yang salah adalah rasa malu yang sebenarnya tidak harus ada pada diri kita. Misalnya: malu meminta maaf, malu membeli barang kreditan, malu memakai baju lama saat lebaran, malu bertanya hingga sesat dijalan, malu karena hidup miskin, dan malu berbicara bahasa Inggris karena takut salah. Malu yang salah ini tidak harus ada pada diri kita. Jika kita mempunyai perasaan malu yang salah ini, maka yang rugi adalah diri kita sendiri. Kita berpikir bahwa kita akan diketawaain, kita berpikir bahwa kita akan di hina. Padahal orang lain tidak begitu, dan saya yakin itu hanya pikiran kita saja. Jadi kita harus hilangkan rasa malu yang salah ini.
Malu yang benar  adalah rasa malu yang memang harus ada pada diri kita. Misalnya malu untuk korupsi, malu untuk berbohong, malu untuk mencuri, malu untuk menyakiti orang lain, malu untuk berzina, malu untuk tidak membayar hutang, malu meminjam barang dan tidak dikembalikan, dll. Rasa malu ini memang harus ada pada diri kita.
Jadi dikarenakan malu untuk berbicara bahasa Inggris karena kemampuan yang belum memadai adalah malu yang salah, maka hilangkanlah rasa malu  itu pada diri kita.
2. Berbicaralah dengan mencampur bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia
Bila pada saat anda berbicara bahasa Inggris, ada beberapa kosa kata yang tidak anda ketahui,  maka jangan malu untuk mengatakannya dalam bahasa Indonesia. Misalnya: I want to membeli a new pen in the  toko  buku.  Pada conton ini, anda tidak mengetahui apa bahasa Inggrisnya “membeli” dan “toko buku”. Anda bisa mencampurnya seperti contoh kalimat saya tersebut. Jangan malu dan minder untuk melakukan hal ini. Tanyalah kepada lawan bicara anda apa bahasa Inggrisnya “membeli” dan “toko buku”. Setelah lawan bicara anda memberi tau apa bahasa Inggris dari kata-kata yang tidak anda ketahui itu, maka ulangi lagi kalimatnya “I want to buy a new pen in the bookstore.”
3. Jadikan  kamus sebagai isi tas anda
Jika anda ingin mengatakan sesuatu kata dalam bahasa Inggris, akan tetapi anda tidak mengetahuinya, maka kamus adalah barang yang sangat berguna pada saat itu. misalnya saja anda ingin mengatakan “mandi” dalam bahasa Inggris, dan anda sudah bertanya kepada lawan bicara anda, akan tetapi lawan bicara andapun tidak mengetahuinya, maka bukalah kamus anda. Anda bisa membeli kamus Inggris-Indonesia yang berukuran kecil ataupun sedang, dan  anda jadikan kamus tersebut sebagai  barang yang wajib ada di tas anda.
4. Carilah Topik Pembicaraan Yang Anda Sukai dan Anda Kuasai
Saran saya yang ke-4 ini dapat anda terapkan jika anda memang mengatur waktu khusus dengan teman atau lawan bicara anda untuk belajar speaking. Misalnya hari Minggu besok anda membuat janji dengan teman anda untuk bertemu di suatu taman yang sangat nyaman bagi anda, kemudian anda dan teman anda membuat janji untuk berdiskusi tentang sesuatu hal dalam bahasa Ingggris untuk meninggkatkan kemampuan speaking anda. Maka janganlah anda pilih topik yang sulit. Pilihlah topik yang anda suka dan anda kuasai. Dengan ini maka kosa katanyapun anda ketahui. Bila anda memilih topik yang anda tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, maka haruslah anda persiapkan lebih dahulu sebelum anda memulai latihan speaking. Dengan kata lain anda mempunyai referensi yang cukup. Efek positifnya adalah anda akan mengetahui kalimat-kalimat apa saya yang akan anda ucapkan karena anda sudah mempunyai banyak referensi dan ide.  
5. Berusahalah untuk selalu belajar dan belajar serta jangan putus asa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda.
Semoga artikel ini bermamfaat untuk kita semua. Amin.